Thursday, February 15, 2018

MikroTik Firewall Raw Feature

Menggunakan MikroTik Firewall Raw Feature untuk melindungi Router dari DDOS dan berbagai macam aksi hacker.

Dari pengalaman menggunakan router mikrotik, sering sekali terjadi penetrasi gangguan, baik dari para pencuri password wifi, pencurian koneksi seperti via netcut, pencurian data pribadi melalui ARP Poisoning  atau orang yang sengaja mengganggu dengan mengirim paket flooding (DDOS).
Mungkin semua hal tersebut di atas dapat kita kurangi menggunakan feature mikrotik firewall filter, akan tetapi akan timbul permasalahan baru yaitu mengurangi space ram (semakin banyak firewall filter maka semakin berkurang  space ram router). 

Firewall filter mikrotik bekerja setelah masuk di zona routing table
Gambar saya peroleh dari literature MUM Presentation-3938147937282-milik Achmad Mardiansyah, untuk file pdf, silahkan download disini 
Lihat dan pelajari baik - baik gambar di bawah ini :











Saya tidak akan menjelaskan paket flow di atas, akan tetapi memperlihatkan bahwa firewall filter bekerja setelah melewati routing table, sehingga akan sangat mempengaruhi CPU Load dari router.
Kita akan bandingkan dengan Firewall filter raw, simak baik-baik gambar berikut :



Firewall filter raw bertugas memutus aliran paket sebelum masuk ke routing table, sehingga apabila teridentifikasi paket yang mencurigakan tidak akan di masukkan ke dalam routing table, atau di blok, tentunya dalam membuat Firewall filter raw kita harus mengetahui karakteristik  aksi penetrasi ke router, misalkan kita dapat memutus aksi dns mitigation dengan mengenali, port yang di pakai  jenis paket (udp/tcp) dan sebagainya.

Untuk  Router yang saya configurasi biasanya sudah saya pindahkan terlebih  dahulu  ip servicenya dan kemudian menggunakan firewall raw untuk bloking di port yang biasa di pakai untuk  melakukan aksi serangan. Dengan demikian firewall raw yang saya  buat selain menurunkan CPU load juga saya gunakan sebagai monitoring flow attacking packet.

Contoh firewall raw dapat anda lihat di  www.gregsowell.com/?p=5286
Maaf bukan saya tidak mau berbagi script firewall raw yang saya punya, akan tetapi hal ini saya lakukan agar  pembaca tidak sekedar copy paste saja akan tetapi mengetahui fungsi kerja firewall raw dengan jelas. 
Sekian gambaran firewall raw, mungkin artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih   








0 komentar:

Post a Comment